Prinsip dan Aplikasi Dasar Ideolinguistik

sampul bukuPrinsip dan Aplikasi Dasar Ideolinguistik

Oleh: E. Elis Aisah

Buku ini ditulis sebagai tindak lanjut dari filsafat bahasa Ideolinguistik. Indonesia merupakan surga laboratorium bahasa, namun sejak dulu filsafat bahasa tidak pernah berkembang apalagi lahir di Indonesia. Merupakan suatu pekerjaan berat dan patut diapresiasikan, akhirnya terbit juga filsafat bahasa dari surga laboratorium bahasa ini.

Pendahuluan
Bahasa, begitu juga dengan segala hal lain yang ada di muka bumi ini mengalami perubahan; perubahan itu bisa saja dialami dengan cepat maupun dengan lambat. Perubahan bahasa terjadi seiring dengan perubahan yang terjadi pada pengguna bahasa itu sendiri, dengan segenap faktor-faktor eksternal dan internal para pengguna bahasa itu. Faktor eksternal yang terdiri dari aspek-aspek sosiokultural dan aspek internal seperti perkembangan mental dan ide sangat mempengaruhi eksistensi dan dinamika bahasa. Perubahan bahasa itu juga terjadi dalam beberapa aspek seperti aspek prinsip dan aspek aplikasi. Kadang perubahan itu terjadi karena asimilasi atau bahkan perombakan total; dan ini terjadi guna menyesuaikan pemahaman manusia pada prinsip-prinsip bahasa dan aplikasinya.
Ternyata, perubahan bahasa itu sendiri bisa dalam bentuk kelahiran varian baru dari prinsip dan aplikasi bahasa yang sudah ada. Hal ini sangat tergantung pada sejauh mana prinsip-prinsip yang sudah ada itu menjawab persoalan-persoalan seputar fenomena bahasa itu sendiri. Sebagai contoh, lahirnya Neurolinguistik seagai varian baru yang menganalisa hubungan saraf-saraf manusia dan aktivitas linguistisnya. Dahulunya, Psikolinguistik merupakan ilmu yang menangani persoalan ini, lambat laun manusia, dengan segenap kompleksitas kehidupannya, menemukan wilayah yang tak terkaji oleh Psikolinguistik. Oleh karenanya dibutuhkan varian baru yang diharapkan bisa menangani persoalan yang ada. Sehingga, dinamika perubahan bahasa itu sendiri berada pada titik-titik tertentu saja dengan atau tidak mempengaruhi titik-titik yang lain…. (read more [download fulltext PDF])

One thought on “Prinsip dan Aplikasi Dasar Ideolinguistik

  1. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    شكراكثيرا على خدمتك في نشر هذا الكتاب, جزاكم الله أحسن الجزاء ونفعنا الله بهذا الكتاب. أنا باسم الطالب في قسم تفسير القرآن في حاجة ماسة إلى هذا الكتاب لمعرفة خلفية فكرية من كل مفسر. وأنتظر مؤلفات أخرى والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s